Jumat, 08 April 2011

Inovasi Pembelajaran


INOVASI  STRATEGI  PEMBELAJARAN  DENGAN  MICROSOFT  EXEL  UNTUK  MENYUSUN  PERSAMAAN  LINIER  DALAM MENINGKATKAN  AKTIVITAS DAN PRESTASI  BELAJAR

Oleh;

Akmaludin  S.Pd.,M.Pd*

ABSTRAK : Inovatif ini dilator belakangi oleh berbagai kesulitan belajar peserta didik serta kesulitan pendidik dalam membantu peserta didik terutama dalam penyususnan kembali persamaan linier bila data-lebih dari dua titik. Untuk mmemecahkan permaslahan itu tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapkan excel inovatip strategi pembelajaran dan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar speserta didik. Adapun hasil kegiatan ini didapat peningkatan aktivitas  peserta didik sebesar 68% dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 78%  Kegiatan  ini melibatkan 40 orang peserta didik yang dilaksanakan berdarkan SK pembagian Tugas Tp 20092010. Pengumpula Data dilakukan dengan pengamatan, foto-foto kegiatan, kejadian dan komentar dari subyek  yang diteliti serta tes hasil belajar peserta didik  selama 4jam pelajaran dalam 1 KD. Hasil yang diperoleh terdapat penngkatan aktivitas, dan prestasi belajar peserta didik yang cukup signifikan sehingga kegitann ini layak untuk dikaji dan dijadikan sebagai strategi  pembelajaran matematika.



Kata Kunci: Exce,Aktivitas dan Prestasi belajar Peserta didik

Berbagai upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan mulai dibentuknya  Rintisan Sekolah Berstandar Nasional, Sekolah Setandar Nasional,  Rintisan  Sekolah Berstandar Internasional, Sekolah Model Pendidikan Berbasis Keungulan Lokal (PBKL) dan lainya.  SMA N 2 Aikmel merupakan salah satu sekolah kategori PBKL di NTB. Akibat diterapkanya PBKL disekolah ini pasilitas sekolah bidang TIK cukup memadai, kemampuan peserta didik juga cukup memamadai. Namun selama ini sering terdengar keluhan banyak pihak, setidaknya dilihat dari banyaknya peserta didik yang tidak lulus Ujian Nasional  Suruji (Radar: 13  Februari 2010)
Banyaknya peserta yang tidak lulus ujian bukan semata-mata akibat ketidak mampuan peserta didik namun belum maksimalnya upaya guru untuk membantu peserta dalam penerapan rumus-rumus dalam kegiatan yang bermakna, menyenagkan  dengan melibatkan TIK  turut menjadi penyebab lainya. Padahal pembangkitan aktivitas dan bagaimana mengaplikasikan rumus-rumus dengan melibatkan TIK dalam kegiatan ilmiah tertentu merupakan sesuatu kegiatan yang  penting juga menyenangkan bagi peserta didik.
Bardasarkan uraian di atas maka penulis merasa tertarik untuk menerapkan penggunaan Microsoft Office Exel  sebagai salah satu strategi pengajaran persamaan linier dalam kegiatan  pembelajaran, yang diyakini dapat meningkatkan  Partisispasi,Kreativitas  dan prestasi belajar peserta didik kelas X di SMA 2 Aikmel Lombok Timur, sehingga mereka lebih  terampil    memecahkan masalah, cermat menganalisis data, berpikir secara logis
   Bentuk umum Persamaaan linier adalah y = ax + b dengan a adalah gradien garis y = ax + b, dan b adalah konstanta  Sembiring( 2003, 35) selanjutnya dikatakan. disebut persamaan linier karena derajat x adalah satu.   Untuk menggambar garis   y = ax + b pada  koordinat kartesius terlebih dahulu dicari titik potong pada sumbu x dan titik potong pada sumbu y (Soedjadi: 1987, 45).
Berdasarkan ketentuan di atas  akan dipilih dua titik sembarang yaitu titik A dan B.  Pandang garis y = ax + b, untuk x = 0 maka diperoleh y = 0 maka ditulis A(0,b) sedangkan untuk  y = 0 maka diperleh  x = -b / a  lihat gambar 1. dengan demikian garis y = ax + b dapat dilukis  sebagai berikut





Tidak ada komentar:

Posting Komentar