Selasa, 17 April 2012

Contoh RPP Karakter Model SATE MLE



KABUPATEN LOMBOK TIMUR
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

SMA NEGERI 2 AIKMEL

Jalan Ramban Biak Lenek Aikmel Kab. Lombok Timur, KP 83653
http://www.sman2aikmel.sch.id  email : sman02aikmel@yahoo.com

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

I.         IDENTITAS MATA PEAJARAN
1.    Mata Pelajaran                    :    Matematika
2.    Kelas / Semester                 :     XI IPA  
3.    Alokasi Waktu                     :    10   Jam Pelajaran

  II.         Standar Kompetensi    : 
  Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah
III.            Kompetensi Dasar    : 
      Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian
IV.          I n d i k a t o r          :  
1)     Mendifinisikan suku kubanyak dengan tepat.
2)     Menghitung  nilai suku banyak dari suatu fungsi dengan tepat
3)      Menentukan derajat  dan  koefisien  sukubanyak dengan benar
4)      Menetukan hasil bagi dan sisa pembagian suku banyak dengan benar.
5)     Menentukan hasil bagi suku banyak bila pembaginya linier dengan tepat
6)     Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian sukubanyak oleh bentuk  kuadrat.
7)     Menentutukan  faktor inier dari pembagaian suku banyak, dengan menggunakan teorema faktor
8)     Menentukan penyelesaian persamaan suku banyak
9)     Menetukan akar- akar persamaan  suku banyak
10) Menggunakan   hasil kali dan jumlah akar-akar  persamaan suku banyak.
   V.                     Tujuan Pembelajaran :  
1)        Melalui penerapan  Model SATE MLE , Pengkajian fakta- fakta pembagian biangan, serta pendeskrifsian pembagian suatu bilangan diikuti  pemberian  beberapa contoh ,   peserta didik mampu mendifinisikan tentang pembagian suku banyak
2)        Melalui penerapan  Model SATE MLE , Pengkajian nilai suatu suku banyak ,diikuti  pemberian  beberapa contoh ,   peserta didik mampu menghitung nilai suku banyak
3)        Melalui penerapan Model SATE MLE,  pengkajian pembagian suku banyak, diikuti pemberian contoh,  peserta didik mampu  menentukan nilai  suku banyak
4)        Melalui penerapan Model SATE MLE, pengkajian fakta- fakta pembagian suku banayak, pemberian beberapa contoh,   peserta didik mampu menentukan  sisa dan pembagian suku banyak.
5)        Melalui penerapan Model SATE MLE, pemberian contoh, peserta didik mampu  melakukan  pembagian pembagian suku banyak dengan pembagi bentuk linier
6)        Melalui penerapan Model SATE MLE, pengkajian pengkajian fakta- fakta pembagian suku banayak, pemberian beberapa contoh,   peserta didik mampu menentukan  pembagian suku banyak dengan pembagian bentuk kuadrat
7)        Melaui penerapan Model SATE MLE, pengkajian teorema faktor, diikuti pemberian contoh,  , peserta didik mampu  memecahkan masalah yang berkaitan dengan hasil bagi dan sisa pembagian
8)        Melalui penerapan Model SATE MLE, pengkajian pengkajian penyelesaian suku banayak, pemberian beberapa contoh,   peserta didik mampu menentukan  penyelesaian suku banyak
9)        Melalui penerapan Model SATE MLE, pengkajian penyelesaian suku banayak, diikuti pemberian beberapa contoh,   peserta didik mampu menentukan  akar-akar  suku banyak
10)    Melalui penerapan Model SATE MLE, pengkajian penyelesaian suku banayak, diikuti pemberian beberapa contoh,   peserta didik mampu menentukan  hasil kali dan penjumlahan akar-akar dari suatau suku banyak.


VI.                                                                                                   Materi Pembelajaran      :  
         Algoritma Pembagian Suku Banyak
A.     Pertemuan I   ( 2 Jam)
Ø  Suku banyak adalah suatu bentuk yang memuat variable berpangkat.
Ø  Suku banyak  x dalam derajat n, dinyatakan dengan;  an xn + an-1 xn-1+ …..+ a0, , dengan n bilangan  cacah, juga a≠ 0
Ø  Misalkan f(x) = an xn + an-1 xn-1+ …..+ an, , maka f(x) dinamakan nilai suku banyak, dan an, an-1, an-2……..a0,  dinamakan konstanta.
Ø  Misakan  f(x) = x2 +  5x + 6, untuk x = 2 maka f(2) = 22 + 5(2) + 6 = 20  dengan demikian 20 dinamakan niai fungsi untuk x = 2.
B.     Pertemuan II  ( 2 jam)
Ø   Cara menentukan nilai suku banyak dapat juga di lakukan dengan cara horner, misakan f(x) = 3x+ 5x  -  6, untuk  x = 1 maka sama artinya  x – 1 =0
   x – 1
      3              5              -6

                     -3             -8 (-)
         -1
      3             8             2 (S)
      
 Atau
   x – 1
      3              5              -6

                     3                 8       (  +)
         1
      3             8                 2 (S)


C.     Pertemuan III  ( 2 Jam)
Ø   Pembagian suku banyak oleh faktor linier (ax + b)  yaitu:                                   f(x) = (ax + b). h(x) /a + f(-b/a); baik dilakukan  cara horner maupun cara biasa      
Ø  Pembagian suku banyak oleh faktor kuadrat ( ax2  + bx + c) yaitu:
Cara biasa maupun cara horner  f(x) = h(x) S2 + S1
D.    Pertemuan IV  ( 2 jam)
Ø   Aplikasi  teorema sisa untuk menentukan sisa pembagaian  dari suatu suku banyak bila pembaginya  linier  ax + b
Ø   Aplikasi  teorema sisa untuk menentukan sisa pembagaian  dari suatu suku banyak bila pembaginya  kuadart  ax2 + bx + c

E.     Pertemuan V   ( 2 Jam)
Ø  Menetukan akar – akar persamaan suku banyak
VII.                          Pendekatan  dan Metode Pembelajaran
a)      Metode pembeajaran               :   ceramah, tanya jawab, diskusi, tutor sebaya
b)      Model Pembelajaran               :     SATE MLE
c)      Pendekatan                             :   Pemecahan masalah
VIII.                        Kegiatan / Langkah Pembelajaran            :
No.

Kegiatan Pembelajaran

A.WK
Karakter Yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
a.    Orientasi: Guru mengkondisikan peserta diik
·       Pemusatan perhatian  peserta didik,  sehingga mereka  benar-benar siap mengikuti pembelajaran.. 
b.   Apersepsi
·       Guru membangkitkan persepsi awal siswa tentang  materi ajar
·       Guru menyampaikan indikator yang akan dicapai peserta didik
·       Melalui penerapan Sate MLE, kajian dan penjelasan informasi tentang komposisi transformasi dan teknik penyelesaian dapat   mencapai hasil yang optimal untuk  rombongan belajar.
c.    Motivasi
·       Guru membangkitkan expectancy peserta didik
·       Guru membangkitkan ketertarikan peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari
·       Guru membangkitkan  keyakinan diri peserta didik 
d.   Pemberian acuan:
·       Guru memberikan buku rujukan.
     25’
dan @ 5’
·       Kesungguhan hati dalam mengikuti pelajaran
·       Jujur, tidak mencontek lagi saat ulangan, menerima informasi awal, telah menguasai atau belum pelajran, bila mendapatkan tekanan dari manapun
·       
·       Displin  dalam mengikuti pelajaran
·       Kerjasama dan saling berterima 

-  Teliti 


-    Penugasan taktersetruktur dikumpulkan  seminggu sebelum ulangan semesteran

2.
Kegiatan Inti
   a.       Kegiatan Ekplorasi
1.        Guru menjelasan materi secara singkat, diikuti pemberian contoh sederhana, selanjutnya siswa mengkontruksi pengetahuannya secara bersama- sama, melalui  penerapan secara berurutan menggunakan metode ceramah, tanya jawab diikuti diskusi, tutor sebaya  atau disebut pola sate MLE,

2.        Siswa menggali informasi  tentang  PEMBAGIAN SUKU BANYAK   dan sumber belajar  Buku BSE
3.        Siswa menggali informasi  tentang dilatasi dan rotasi dari sumber belajar  Buku BSE, dan internet.
4.        Siswa menggali komposisi transformasi dari sumber belajar  Buku BSE, dan internet.
5.        Siswa menggali informasi  tentang komposisi  trasformasi giometri dari sumber belajar  Buku BSE, dan internet.
6.        Siswa menggali informasi  tentang persamaan matrik dari komposisi transformasi pada bidang dua dari sumber belajar  Buku BSE, dan internet.
7.        Siswa menggali informasi  tentang persamaan matrik dari komposisi transformasi pada bidang tiga dari sumber belajar  Buku BSE, dan internet.
   b.       Kegiatan Elaborasi
1.        Dengan  pengawasan guru siswa  yang telah mampu (tutor sebaya) memberkan penjelasan pada siswa lainya yang belum menguasai secara benar dari penjelasan guru materi refleksi dan translasi ( contoh soal 1, latihan 1  buatan guru)
2.        Guru dan siswa secara bersama-sama  (siswa dengan siswa, guru dengan siswa)  anggota kelas mengerjakan soal yang telah ditentukan dari bank soal buatan guru melalui moving pearson  ( Soal yang ada pada buku pegangan )

3.        Dengan Pengawasan guru siswa melakukan elaborasi teknik moving person  untuk menyelesaikan soal  pengembangan yang ditentukan ( dari RPP)

   c.       Kegiatan konfirmasi
1.        guru memeriksa pekerjaan siswa yang menunjukan keberhasilannya menyelesaikan soal atau keterangan guru
2.        peserta didik  memberikan konfirmasi tentang hasil pekerjaanya
3.        Guru
4.        menandai  peserta didik yang telah menguasai pembelajaran dengan  pertanyaan terbuka
5.        Guru  dan siswa mengevaluasi jalannya pembelajaran melalui catatan anekdot peserta didik.

 
 75’
@ 15’



60’
60’

60’

60’

60’


60’





75’
@15’















75’
@15’
·     

           












3.
Kegiatan Akhir
a.        Simpulan  : siswa diarakan untuk membuat  simpulan
b.        Penilaian : 
·           Penilaan  afektif  dengan  teknik non tes
·           Penilaian kognetif dengan teknik tes pilihan ganda dan essay juga  hasil  kerja individu
c.        Refleksi
Guru bersama siswa mengkaji  kelemahan-kelemahan berupa model, peroses pembelajaran pada setiap  tahapan  kegiatan pembelajaran yang menyebabkan pembelajaran  tidak optimal  untuk perbaikan berikutnya.
d.        Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk  menyelesaikan tugas tak tersetruktur yang ditentukan
e.       Ulangan  dengan  6 indikator
f.       Remidi

   50’
@10’















  90’
  90’


·       

·    


IX.                        Alat/Bahan/Sumber Belajar          :  
a.       Nugroho Soediarto , 2008:   Matematika Untuk SMA Kelas  XI  program IPA, Pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
b.      Akmaludin, 2008:  Bahan ajar matematika, Pustaka Pribadi
c.       Internet   http; // Akmaludin_walasri.blogspot.com
  X.                         Penilaian:
Ø  Jenis Penilaian    :    Kognetif dan Afektif ( pendidikan karakter)
Ø  Bentuk Penilaian:    Tes dan non tes
Ø     Instrumen Penilaian    :    Tes
1.       Nilai suku banyak 7x8 + 6x2 + 5x – 10  untuk x = 1 adalah
a.       8
b.      7
c.       -8
d.      6
e.       -6
2.      Diketahui suku banyak  ( 5x2 – 8x)(3x- 15)( x  + 2) , maka derajat suku banyak tersebut  diatas adalah
a.       2
b.      3
c.       4
d.      5
e.       6
3.      Jika nilai suku banyak 5x3 – 4x2 + m, untuk  x = 2 adalah 88 maka  nilai m adalah…
a.       62
b.      64
c.       104
d.      120
e.       122
4.      Suku banyak x6  + 6x2 – 12, mempunyai koefesien adalah….
a.       [1, 6,-12]
b.      [1,0,0,0,6,-12]
c.       [1,0,0,0,6,0,-12]
d.      [1,0,0,6,0,-12]
e.       [1,6,0,-12]
5.      Nsuku banyak x3 + 5x2-3x + 9, dibagi  ( x-2) maka hasil baginya adalah….
a.       x2- 7x + 11
b.      x2+ 7x + 11
c.       2x2+ 11x + 7
d.      x2+ 7x - 11
e.       2x2- 11x + 7
6.      Jika suku banyak 5x4 -3x3-7x2 + x -2 dibagi oleh (x2-2x + 3), maka sisanya adalah
a.       22x -36
b.      -22x + 36
c.       -36x + 22
d.      22x + 36
e.       36x - 22
7.      Jika diketahui f(x) =  16x3 + 2x- 32, di bagi oleh (2x - 1 ), maka sisanya adalah..
a.       27
b.      26
c.       -29
d.      –32
e.       -33
8.      Jika suatu suku banyak  x4  + 2x –n, habis dibagi oleh  x- 2,mka nilai k adalah…
a.       16
b.      17
c.       18
d.      19
e.       20
9.      Suatu suku banyak x5  + 16x -17 , salah satu faktornya adalah  x -1, maka faktor lainnya ……
a.       x4 - x3 - x2+ x + 17
b.      x4 + x3 - x2- x + 17
c.       x4 + x3 + x2+ x - 17
d.      x4 - x3 - x2+ x + 17
e.       -x4 + x3 + x2+ x - 17
10.  Jika suku banyak berturut-turut dibagi x-2  dan x + 5 sisanya adalah 24 dan 10, maka suku banyak bila dibagi x2 + 3x -10, sisanya adalah….
a.        x + 34
b.       x - 34
c.        2x – 20
d.      2x  + 20
e.       x + 14
11.   Jia suatu suku banyak bila dibagi ( x + 4) bersisa -11, sedangkan jika dibagi  x -2 sisanya 1, dan apabila suku banyak dibagi (x-2)( x + 4) maka sisanya…
a.       -2x – 3
b.      -2x  + 3
c.        2x + 3
d.      2x – 3
e.       3x  + 2
12.    Sebuah akar persamaan x3 + ax2 + ax + 1 = 0 adalah 2, maka jumlah akar-akar persamaan tersebut ……
a.       3
b.      2
c.       2/3
d.      3/2
e.       -3/2
Ø  Instrumen Penilaian:  Non tes
Petunjuk; beri  tanda cek (V) di bawah kata SS, S, TS, STS pada setiap pernyataan berikut sesuai dengan keadaan atau pendapat anda  dengan ketentuan SS = sangat setuju, S = setuju, TS= tidak setuju, STS = sangat tidak setuju
SS
S
TS
STS
1
 Saya menyukai pelajaran suku banyak dan teorima sisa




2
Proses pembelajaran suku banyak dan teorema sisa menyenangkan




3
Belajar   suku banyak dan teorima sisa kana banyak  gunanya




4
Saya mengerkajan soal suku banyak dan teorima sisa dengan tekun




5
Saya tertantang untuk mengerjakan suku banyak dan teorima sisa lebih dalam lagi




6
Proses belajar suku banyak dan teorima sisa, saya senantiasa bekerja sama dengan  teman yang dapat membantu




7
Saya jika ujian, senantiasa bersedia membantu teman jika bertanya




8
Saat pembelajaran berlangsung, jika  teman lain salah menjawab, saya akan berkata wah kamu belum bisa




9
Proses pembelajaran berlangsung, saya akan mencari teman dengan kemauan sendiri jika saya belum bisa




10
Proses pembelajaran berlangsung, saya akan berpendapat bila saya mendapatkan tekanan dari kawan